TOP SPEED Yamaha Alfa II R 1996 (100 cc)

TOP SPEED Yamaha Alfa II R
100 cc – 1996
Daily Use

Top Speed merupakan puncak kecepatan, kecepatan paling tinggi, atau kecepatan maksimum yang dimiliki oleh suatu objek atau benda yang bergerak. Dalam artikel ini yang dimaksud adalah top speed salah satu kendaraan bermotor yaitu Yamaha Alfa. Setelah browsing di Youtube, melihat video-video top speed berbagai sepeda motor yang begitu fenomenal membuat OSA tertarik untuk ikut-ikutan shooting video top speed.🙂

Dengan berbekal Nokia 6120c yang mempunyai kualitas video yang bisa dibilang “lumayan”, tak pecah-pecah untuk kelas ponsel dan cukup fokus. Mulailah OSA menentukan lokasi. Lokasi pengambilan video di area dekat persawahan di daerah utara terminal Krisak, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia. Alasan memilih lokasi jalan ini karena kondisi jalan lurus dan cukup rata tidak bergelombang, serta tidak ada perempatan yang berpotensi adanya kendaraan dan pejalan kaki yang menyeberang sehingga cukup aman untuk shooting video top speed motor 2 Tak lawas berkapasitas volume silinder yang terbilang kecil ini (100 cc).😀

Secara kebetulan sepeda motor harian OSA (Yamaha Alfa II R tahun 1996) yang telah lama mengalami salah satu problem yang OSA anggap serius selama bertahun-tahun dan pada awal Januari 2012, Alhamdulillah sudah terpecahkan. Problem yang dimaksud yaitu tertutupnya lubang buang atau biasa disebut exhaust port di blok silinder ini tertutup oleh kerak endapan campuran oli dan bensin yang tidak terbakar sempurna (mirip seperti arang yang sangat keras). Artikel ini akan OSA bahas di lain waktu. Berbekal secuil pengetahuan dari berbagai sumber, secara otodidak dan bermodal nekat karena rasa keingintahuan, OSA memberanikan menjamah seluruh blok silinder dengan niat “servis besar” bersih-bersih ruang bakar. Alhasil secara tidak sengaja menemukan endapan kerak yang menjadi penyebab beberapa problem yang muncul selama ini. Salah satunya, putaran atas mesin (RPM tinggi) selalu mberebet seakan-akan mainjet terlalu besar, padahal masih ukuran standar.

Kerak endapan ini kurang lebih 2 cm jika ditotal, sisi kiri 1 cm dan sisi kanan 1 cm. Kerak endapan yang seperti arang ini yang berada di lubang buang blok silinder (didekat leher pipa knalpot) menyebabkan performa motor 2 Tak ini menjadi tertahan atau tak maksimal, lebih-lebih saat putaran tinggi sehingga top speed terhambat.😦 Tertutupnya lubang buang (exhaust port) juga menyebabkan suara knalpot menjadi “mendhem” tak segemerincing suara khas motor 2 Tak pada umumnya, terutama Yamaha Alfa Series. Namun dibalik itu semua ada kelebihan, jika dipacu pada putaran mesin menengah ke atas, suara knalpot malah menjadi idem atau halus. Dapat dipetik pelajaran berharga dari hal ini yaitu, “semakin kecil lubang buang (exhaust port) maka akan semakin halus suara mesin terlebih saat putaran tinggi dan puataran bawah lebih gampang berakselerasi”.🙂

Yamaha Alfa II R yang OSA miliki ini merupakan motor harian saja, bukan motor bebek yang berbau “speed” layaknya F1ZR dan bukan untuk keperluan balap. Memang motor ini kadang-kadang OSA gunakan untuk “adu top speed” dengan pengendara lain sejak tahun 2008 hingga saat ini. Mengapa adu top speed? Yap, karena menurut pandangan hemat OSA, adu top speed lebih enak dan aman (meskipun juga beresiko) karena mengandalkan panjang trek lurus dan tidak ramai *kalo jalan ramai mana bisa?. Tidak seperti adu tarikan/akselerasi yang cenderung seruntulan/biyayakan dan lebih beresiko mengganggu pengendara lain serta lebih cepat merusak komponen mesin motor.

Kalau boleh OSA kelompokkan menurut pandangan hemat pribadi, motor ini termasuk dalam kategori “Street Performance for Daily Use” yaitu sebuah motor yang difungsikan untuk keperluan harian saja dengan perawatan dan perhatian lebih dengan tujuan demi menjaga performa motor itu sendiri agar tetap prima, tidak turun drastis sehingga tidak kalah dengan motor-motor keluaran baru. Tak ada yang spesial memang, kalau dilihat dari bodinya masih menganut model jadul ala “motor robot” yang cenderung kotak-kotak *maklum motor ini lahir tahun 90-an.😀

Kepada pembaca, blogger, penikmat adu kecepatan, dan khususnya 2 Tak mania serta penggemar motor lawas/klasik. Dengan Hormat, OSA persembahkan video TOP SPEED YAMAHA ALFA II R 1996 (100 cc).🙂

Alhamdulillah, merupakan video top speed Yamaha Alfa Series pertama dan satu-satunya yang terupload di Youtube.Com. Mungkin video top speed ini bukan video top speed yang spesial dan fenomenal bagi sebagian besar orang, namun setidaknya video top speed ini sebagai bukti nyata kecepatan salah satu motor lawas yang masih eksis hingga saat ini meskipun bukan motor yang populer. Bukti nyata tentang apa yang pernah OSA ceritakan kepada beberapa orang bahwa top speed motor “imut” ini seringkali mampu lebih unggul dari motor 4 Tak 100 – 125 cc atau lebih tepatnya berani diadu dengan motor 4 Tak keluaran terbaru sekalipun yang berkapasitas silinder 100 – 125 cc.

Agar tidak terkesan tertutup atau rahasia, bahkan dibilang rekayasa. Maka secara gamblang OSA sertakan spesifikasi Yamaha Alfa II R dengan Top Speed seperti yang Anda saksikan di atas.

Spesifikasi:

1. MOTOR
-Merk: Yamaha
-Seri: Alfa II R
-Tipe: V100 E
-Tahun Pembuatan: 1996
-Isi Silinder: 100 cc
-Bahan Bakar: Bensin CPR

2. MESIN
-Mesin: Two Stroke / 2 Tak / 2 Langkah
-Diameter x Langkah (Bore x Stroke): OS 25 (0,25mm) (Februari 2010) – 50,25 x 52 mm
Keterangan: Over Size 25 tepatnya Februari 2010 dikarenakan laher kruk as oblak sehingga stang dan bandul tidak senter lalu piston/seher menjadi keropos berbenturan dengan kepala silinder.
-Kapasitas Mesin (Volume Silinder): 102,1 cc (100 cc)
-Perbandingan Kompresi: Standar 7,15 : 1

3. KARBURATOR
-Karburator: Standar Mikuni VM 16 (Venturi 16mm) – Orisinil Alfa
-Pilot Jet: Imitasi Alfa merk Tokaido, ukuran standar 35 Imitasi F1ZR, ukuran standar 17,5 *Maap, salah. Qiqiqi…
-Main Jet: Orisinil Alfa ukuran standar 85
-Skep: Imitasi Alfa (Papas skep atas ±1 mm)
-Jarum Skep: Imitasi Suzuki Tornado GX (gemuk dan panjang)

4. KOPLING
-Orisinil Standar, Kopling Ganda – Sentrifugal
-Per Kopling: 2 ori Alfa ganjal ring (kuning) dan 2 ori RX-King ganjal ring (merah jambu)

5. PENGAPIAN
-Busi: NGK Platinum G-Power BPR7HGP
-Spul Pengapian: Custom Hand Made (tukang spul)
-Koil: 5BP Ori Scorpio Z with Ground Strap (buatan sendiri)
-C.D.I: Orisinil Alfa

6. FILTER UDARA
-Filter Udara: Orisinil Alfa

7. INTAKE
-Intake Manifold: Orisinil Alfa
-Katub Buluh (reed valve): Orisinil Alfa

8. KNALPOT
-Knalpot: Orisinil F1ZR

9. GEAR SET
-Gear Set: 14 – 37 (2,643)

10. OLI
-Oli Transmisi: Enduro 4T SAE 20W 50 (0,8 Lt) – JASO MA, API SJ
-Oli Samping: Agip 2T Plus, Mineral Base, API TC, SAE 30

11. RODA
-Velg: Top Zigen CW 17” (1.60 – 1.85)
-Ban: Depan IRC NR72 2.25 (profil tinggi)
Belakang IRC NR72 70/90

Kelemahan:
-Seher/piston sudah baret 4 sisi, dikarenakan pernah ngancing/nge-jim sebanyak 4x saat inreyen. Tapi ring seher masih oke. Namun kompresi tidak terlalu drop.
Perseneleng kopling agak kasar saat perpindahan gigi saat putaran mesin (RPM) tinggi. Kadang-kadang ada bunyi ‘blethaaaak…’ (masalah terpecahkan, tunggu ulasan selanjutnya)
-Jeroan karburasi sebagian ada yang imitasi, karena jeroan karburasi pernah ditukar dengan part-part yang jelek (dicuri) oleh ‘bengkel nakal’ yang tak bertanggung jawab.

Sekian ‘Video Top Speed’ ini, untuk sekedar berbagi pengalaman. Silakan yang mau berkomentar terutama yang pernah punya atau masih memiliki Yamaha Alfa, OSA persilakan. Monggow…😉

Categories: Kendaraan Roda 2 | Tags: , , , , , , , | 114 Komentar

Navigasi pos

114 thoughts on “TOP SPEED Yamaha Alfa II R 1996 (100 cc)

  1. Aa Ikhwan

    Sip ajib..

    • Oke. Trimakasih…🙂

      • mas aku punya alfa sigma,tapi kok buoros banget bensinya,1ltr gak nyampai 10km.rencana sih mau ganti piston standart tapi nyari silindernya susah amat,di mana ya bisa dapet silindernya.makasih mas sebelumnya

    • Diki p

      Saya punya mtr alfa mau rubah cakram tp ssh mau nyimpan master atas nya, coba liat pya mas krm foto gmn cara masang nya

      • arif magetan

        Sama…aku juga susah pasang cakram terutama bagian master/gasnya…. ancur 085656777801

  2. imam

    mantab bro… jempol 4 neh…

    • Trimakasih apresiasinya…:mrgreen:

      • nashun

        mas motorku alfa 96. ko motorku gigi 1 langsung tarik ngleler. . trus. suara seker kemlatak(ga swjarnya 2 tak) sebabe opo yo??,

  3. sangar bisa sampe 119 kpj, Shogun superstandar saya cuma tembus 105 hahaha:mrgreen:

    • Lho gak papaw, motor cc 100-115 bisa tembus 100kmj di speedo masing2 dah bagus lhow.
      Ciri-ciri motor masih ‘waras’ tuh…:mrgreen:

    • Yap bener.
      Atau malah yang ‘lawas’ bisa-bisa mempecundangi yang ‘baru’. *ups, keceplosan…:mrgreen:

  4. motot tua..top speed masih bejaban sm motor baru tuh🙂

    • Yah Alhamdulillah Brow… Yang penting kopen di openi…🙂

      Ada lawan baru nih ‘Jupiter Z1’, hmmm berbau speed… sepertinya ajib juga tuh bebek…:mrgreen:

  5. Wah…. Keren tuh bro. Saya pake Champ ’92 dari tahun 1999 sampe sekarang.
    Cuma di Jakarta spare partnya udah mulai susah.

    Salam 2-tak. 2 stroke forever….

    • Oke. Makasih Brow.
      Kalo cari2 part harus sabar di pasar onderdil bekas.
      Salam juga buat sesama Two Stroke Mania.🙂
      Sensasi Mesin 2 Tak, tak akan pernah kulupakan…:mrgreen:

  6. IZR

    Long live 2 strokes..

  7. Anonim

    sing malesi borose brooooooooooooo
    sepuyer ya ganti pke punya vega keluaran lama pst tarikny g petuuus

  8. terawat mas motor mu jozz! 😀

  9. ada 1 hal yang masih gue penasaran ? apakah loe merimer bagian in dan out pada blok/ silinder blok ?? dan apakah loe gak bubut head bloknya ???
    mohon di jawab, thank’s !!!

    • Wah. Super sekali pertanyaannya, sampe kaget Ane…:mrgreen:
      Memang agak kontroversial dan meragukan bagi beberapa orang.
      Jadi gini, Ane tidak pernah sekalipun memporting/melebarkan saluran isap dan buang. Bahkan ane biasa membersihkan dan mengecek langsung masih orisinil ukuran pabrik.🙂

      Untuk bubut head blok memang ane tdk pernah meminta/melakukan. Cuma mungkin pada saat OS 25, lekukan kubah head yg tdk rata krn terbentur piston ikut diratakan/dihilangkan biar mulus. Nah otomatis kompresi seharusnya malah berkurang dan mekanik yg paham seharusnya mengimbanginya dgn membubut head untuk mengembalikan kompresi yg turun (dgn catatan tdk untuk tujuan lain). Jika Ane lihat tidak ada pengurangan berarti di sekitar perpak head dan kalaupun itu bener dulu dibubut, yakin tdk lebih dr 0,3mm. Bahkan dulu mekanik bilang OS cukup 25 (0,25mm) aja sesuai prosedur oversize normal yg berurutan 0,25-0,50-0,75-dan max. 1.00. Diatas itu ukuran piston ori pabrik tidak mengeluarkan di atas OS 100 (padahal ane minta boreup lebih, maklum dulu msh sgt awam).

      Mekanik bilang: “eman2 pit mu, jek apik kerumatan rasah di korek2 wae yo ben awet” – terjemahan “kasihan motormu, masih bagus terawat tidak usah di korek yaw supaya awet/tahan lama.”

      Terimakasih semoga bermanfaat.🙂

      • Anonim

        Minta no hpnya mas.. buat sharing.. q jg alfa tp tahun 1990..

  10. Anonim

    Bro Oky,

    Saya juga pencinta Alfa 2R, maklum motor pertama dan motor cinta penuh kenangan.. cieeeeee..
    Namun saat ini si Alfa mulai penyakitan, pengennya memperbaiki, tapi sudah keluar masuk bengkel gak sembuh sembuh dibo ongin terus sama mekanik.

    Penyakitnya antara lain :
    1. Karbu sudah ndak ory, pakai merk Lippo, tetapi mblebet di putaran rendah dan buooroossss tapi ngak ada larinya.
    Pertanyaannya : Pakai karbu apa yang kompatibel dengan Alfa ?? kalau pakai F1Z apakah bisa hanya dengan mengganti manifold ??? atau ada rekomendasi merk lain yang OK???

    2. Pengennya rem depan di cakramin, tetapi sayang kalau coakin lampu sein untuk pasang tempat pompa oli, ada saran ?? atau bisa kirimkan gambar pemasangan cakram nya Bro Oky ???

    Terima kasih, mohon pencerahannya dari Bro Oky

    Thx

    ::Blur::

    • Anonim

      bisa aja pake cakram, ane pake F1ZR (full) dari shock sampe piringannya, hanya saya indikator panel lampu jauh agak dicoak (gak fungsi jadinya) untuk jalur selang oli cakram, kepala lampu atas kanan dicoak utuk tampungan oli biar keluar nyendul. hasinya Joss….rem aman terkendali

      • Mas minta no hape nya, kalo ada yg wasap malah lebih baik, alfaku aku lagi pasangi cakram n blm kelar….tapi kok ngga serapi punyanya njenengan…. aku arif dari magetan sms/wasap 085655777801

      • Assalamu’allaykum…Mas minta no hape nya, kalo ada yg wasap malah lebih baik, alfaku aku lagi pasangi cakram n blm kelar….tapi kok ngga serapi punyanya njenengan…. aku arif dari magetan sms/wasap 085655777801

    • bima

      membrannya di kikir broo ,

  11. Anonim

    test di jalan menurun, jalan yang rata dong 😀

  12. Aku punya alfa dari baru,mulus jarang dipakai.km baru 5700 km.mau tak jual.ada ya minat?hub saya 08122957465

  13. salam sesama penggemar motor sepuh, mantap juga bro mtrnya….
    Salam dari lampung…

  14. zulmi

    ada yang mau jual 1 set lengkap body alfa 2 r nya,,, segera sms ane di 08982341866

  15. Anonim

    Gan mw tny. q pnya alfa 2 r udh 8thn lebih q pk,kampas k0pleng udh milik fR,Seher 0.25,per kopleng milik Rx s. Tp tenaga kx masih drop sama asap nya ky bakar sate gan.
    Solusi biar mantap tarikan.
    Matur suwun sakdereng ipun.

    • Anonim

      kliatannya ga support tu. bawaan ori pabrik aja dah kenceng bro. tingga setel karbu ma asupan oli samping menurut ane dah cukup. ane beli alfa dari tetangga yang kalo jalan jarang menyentuh 70-80. nyatanya pas ane pegang tembus 125 km/j. cuman butuh sentuhan kasih sayang aja…. huehehehehehehe….

      oiya, jangan lupa bersihin knalpot paling ga 6 bulan sekali. tapi kalo banyak oli di luar pembuangan (ujung knalpot) langsung aja dibersihkan dengan dibakar sarangan knalpotnya (dilepas)….

  16. ane punya alfa tpi uda ene ruba jdi fzr, ane bli tu 800rb ame tmn ene

  17. cuma yng ane bngung oli samping tu mtor uda di ame tman ane, jdi bensin lngnsng dcampur ame oli jdi gk ada tempt untuk oli samping tu mtor

  18. iwan

    saya punya yamaha alfa sama persis dengan yg ada di gbr. kalau saya modif seperti alfa punya anda kira – kira butuh biaya berapa ?

    • Anonim

      ga perlu modif banyak bro. tinggal dibersihin saluran pembuangan. utak-atik karbu n yang penting oli samping jangan beli yang murah. sukur2 oli mesin juga bagus. ane perawatan per 3 bulan sekali pake oli mesin Shell. oli samping juga Shell. menurut ane cocok soale mesin larinya enteng n ga terlalu ngebul. pernah pake oli samping produk laen masih kliatan ngebulnya. maap, ane kagak ngiklan lho yaaa… soale ane juga ga kerja di Shell. just recommending…..

  19. gmna cara porting mesin alfa brow

  20. Anonim

    Kang yang di maksud fround strap seperti ap bentuknya,harap maklum pemula

  21. Anonim

    klo suara’nya gak nyaring itu apa’nya…???! alfa saya nafas’ya jadi kurang panjang,jadi sering suara’nya mrebet…!!

  22. Zainal

    Yang saya penasaran kunsumsi bahan bakar’y bro,,
    1 liter bensin dapat menempuh berapa km,¿¿ (alfa punya anda)

    • Anonim

      hibat rek……..

    • Anonim

      perbandingan dulu jaman masih on the road punyaku beli 10000 (2,2 liter Rp. 4500/ltr) kira2 140 km lebih. motor masih ori pabrik. tapi oli sampingnya rada boros soale beli yang mahalllll… bukan boros konsumsinya tapi dananya hehehe…

      pernah ngetrek dari kendal – banjarnegara isi 20 rebu baru ngisi di wonosobo. catatan: banyak tanjakan curam n turunan tajam. abis itu ngisi lagi 20 rebu PP dari pom situ ke purbalingga balik ke situ masih ada sisa….

      wehehehehehe…. keren ga… ciaoooo

  23. Anonim

    wkwkwkwkwk mantap broo gimana juga jeleknya tuh motor namanya 2 tak tuh si raja jalanan ..
    saluut gw broo ..
    salam rxz indonesia …

  24. Kalow pengen ringan tarikanxa brow bu2t buring dan beri seker rx z std. Dan perhaluz ruang gaz buang dan pakek statez r30 and oil agip smoklez...Ok brow

    Ora laly karo pedah 2tak

  25. P-tonx connect

    Aku duwe alfa th 93 mesin standar.balapan kro smash,supra fit alfa q menang.intine cuma “porting polish”bersihin area porting,tp pnyaku karbu d modif sendiri sma sarangan knpot d ganti yg lbh los.hasil ny luar biasa akselerasi mantap.tp pernah kalah top speed sma supra x 125,

  26. noko

    weh……mantap bos bisa di tiru nih kebetulan kita jg pakai tapi yg angkatan 1992

  27. klo ngganti pake knalpot f1 sperti punya anda perlu nambahi part apa ya…Nuwun mas

    • Anonim

      Langsung ganti aja Mas ngga ada yang perlu ditambahin.
      Paling cuma bikin dudukan tengah buat knalpotnya. Kalo saya, saya pake dudukan knalpot bawaan, tinggal dilubangin disesuaikan dengan dudukan knalpot F1.

      Motor saya Champ pake knalpot F1ZR.

  28. Anonim

    bagusan alfa ku modif balap n kenceng….

  29. Anonim

    alfa 92 ku ini habis ganti seker os 100, keluhannya, tarikan agak berat, tapi sebelumganti seker,
    tarikannya mau……t abis, kenapa ya?

    • Anonim

      klo masih standar ndar ya ga bakalan lari bro. update dikit bagian pengapian ma karbu. lumayan boros. tapi aman buat seker. soale os 100 dah maksi.

  30. lht alfanya punya mas oke banget…. saya punya jga tapi engkel, mau sy ganti knlpot f1, klo di solo belinya dimana ya…nuwun

    • agung

      oke gan kalo disolo ada dudukan karbu yang lingkaran buat karbu pe dialfapo
      invite ya 518B5A23 kalo ga sms 087705001826 oke gan makasih saya nyari di bandung hasilnya nihil

  31. Gembus

    Wah… Seumuran mas motornya sama punya sy. Cuma bedanya punya sy RXZ ’97.
    Salam jadullers mas. Hahaha.

  32. witz allfa memang ajib, piston sizeh 50 main jet 105 pilot stdr biar langsam ting ting ting karbu ori asli nebus 350rb th 02 waktu beli
    pengapian ori sinil nil tembus 110 km asli d jalan umum

  33. Anonim

    alfa 2 R tuh bebek balap standar pabrik pada jamannya. force one masih kalah klo mau ditrek. soale keistimewaan alfa ga pake kipas pendingin. kipas pendingin pada saat kondisi panas puncak kadang ngadat malah bahaya. punyaku yang perawan pabrik dulu tembus 125 km/j (menurut spido gue). cuma ada syarat n ketentuannya. oli mesin ma oli samping harus bagus. ga asal beli oli samping karena ngaruh pada pembakaran. campuran yang pas bensin+oli samping akan menghasilkan pembakaran sempurna n knalpot ga terlalu ngebul. coba aja utak-atik di pompa oli. perhatikan juga bunyi seker. kalo suara kerincingnya terlalu keras n larinya rada ngadat biin berat, tambahin lagi konsentrasi oli sampingnya pelan2 ampe bunyinya ga terlalu brisik. tapi kalo kebanyakan, ya sama aja. ga bisa lari alias cuman bisa joging doank hehehehe… btw. sekarang ane pake CB. alfa dipake bini buat nganter sekolah junior. maklum dah. ane nie produk lama. jadi sekarang udah males kebut2 an, capek. mo nyante dulu….. ciaoooooooo….

    • susilo

      ,gan saya mau tanya alfa saya th 89 dh ane oprek seker fis r operses 100 ma udh ane porting udh saya karbu king

      kok di tarikan bawah blebet dan tari atas mau mati and suara nya tambah halus itu masalah nya apa gan

      mohon di jawab makasih

  34. Anonim

    gan alfa ane th.89 udh saya modif seker udh milik fis r oper ses 100 karbu milik rx king dan porting
    kok di tarikan bawah blebet trus di saat tarikan atas
    mau mati itu kenapa gan
    and di tarikan atas suara kenal pot halus

    mohon di jawab

  35. Erpan.Sj

    Bagus jempol 5 mas… Pinjem jempol tmenku 1, salam buat pcinta mtor jadul 2 tak, aku bngga pnya mt0r alfa….

  36. ht alfanya punya mas oke banget…. saya punya jga tapi engkel, mau sy ganti knlpot f1, klo di solo belinya dimana ya…nuwun

  37. paijo bin paidi

    Ane masi nyimpen si ting ting dengan lengkap, alis yamaha alfa2R ini bos,,meski di bilang motor g berbobot sama temen2ane, tp mereka cukup heran di trek lurus supra&kirana125cc ga bisa ngejer,,
    hehee

  38. Anonim

    Dopok rika

  39. Anonim

    mantap bro sy juga punya yamaha alpa thn 89. sampe skrg masih ngacirrr. gak kalah tarikan dg mtor baru… banyak kenangan dg alpa sy bro.

  40. dharma

    mas beli knalpotnya dimana…. kelihatan makin cantiek n keren…

  41. iwan

    agar tarikan yamaha alfa saya menjadi ringan apa perlu dinaikan pilot jetnya? karena piston sudah oversize 100

  42. iwan

    apa bisa membran dan rumah membran & manipol alfa diganti punyanya fizr?

  43. ripai

    cdi bisa pke punya fizr gak yo?…

  44. Anonim

    kalok alfa dikasih kabu rx-kix \ rx-z gimana ??

    • agung

      bukannya dudukan karbu alfa itu miring posisinya
      jadi ya paling beli dudukan karbu dan itu harus pesen

  45. bisa gak yamaha alfa pke manipol fizR serta karburator nya

  46. nok sis

    numpang coretan mas broo……..mantap salam buat pecinta motor 2T jadul……kita jg penunggang kuda besi alfa IIR angkatan 96 standart banget memang handal dan teruji kayaknya perlu ada komunitasnya nih biar kayak motor laen “arek suroboyo”

  47. agung

    saya punya alfa modif trail tapi sering gamau kenceng kalo digas langsung
    kirakira kenapa ya mas?

  48. Alfa 1996 nyampe berapa boz harganya,,da yg minat,mksih

  49. Anonim

    motorku alfa tapi dah jadi fiz r road race pangkalan bun apa bisa motor harian beradu kecepatan dengan ori fiz r
    tolong jawab !

  50. dharma

    kita lestarikan alfa sama2

  51. mantap brow suwon

  52. Bro Omahe ngendi..?ane juga deket daerah selogiri tepat.a di nguter sya juga pengguna alfa,,bisa di adu hehe

  53. Anonim

    mohon ijin mau tanya gan,.,.,saya punya yamaha alfa thn 88,biar speed nya nambah [ standar korek ] kira2 apa yg perlu diganti

  54. Ikut meramaikan gan, sekaligus salut sama yang udah merekam top speednya. Ijin kutip videonya ya. Sama, ayuk mampir di artikel gokil kami. 5 Alasan Wajib menikah sama Pemilik Honda Alfa. Hehehe. Dishare ya gan di fb, twitter dll😀. Biar seru aja.

  55. ale

    mantabe” kalee alfa tiada duanya.hmpr adja dituker rc,untung g jadi
    salute top speednya

  56. rizky

    Bang itu knalpot fiznya langsung pasang ? Apa ada yang harus diubah ?

  57. neo

    Mas alfa itu bagusnya oli mesinnya apa ya dan olsmnya juga apa matut thank you.

  58. Punyaku alfa os200. Volume silindernya berapa gan..???

  59. Alfa saya os 200,, kalo dihitung volume silindernya berapa cc gan..??

  60. beli knalpot sama foot resh fiz nya dimana dan harganya berapa gan

  61. bak kopling alfa dan fiz r sama apa ngga gan

  62. sigit joko susilo

    bos mau tanya,q punya alfa thn 91 tp kl lama nggak di hidupin, kok susah untuk hidup ya?
    tlg infonya para master2

  63. Anton

    Cara megatasi meghilagkan sura kasar yamaha alfa

  64. halo mas motor saya alfa generasi pertama 1990 sering boros bensin kaburator sering bocor apa ya persoalannya mohon tanggapan

  65. Anonim

    saya juga punya alfa thn 94, ya kalau sampe sekrg si udah 20 thnn, seumuran dg saya. masi asli semua mesinnya kecuali koil cdi spul yg d ganti krn mti d mkn usia, top speed sekitar 100km

  66. Anonim

    Alamat. Nope minta pencerahan. Serius

  67. januari

    bos mau tanya…
    masalh bsany yamaha alpa pengapiannya bagus tapi putaran magnet kebelakang..kesalahan dimana tu bos????

  68. dylon

    njalok piro

  69. Ya iya lah 2tak gitu

  70. Do you speak English ?

  71. dika

    mas punya ku alfa th 90 perfoma mantap tarikan jos sma cb nt Sogun jarak 100m ga kalah tp cuma ronsel oblak, ngatasin nya gmn ya mas mhon pencerahnya, salam treng teng teng

  72. Andri

    mas..spatbor depan punya motor opo yo?

  73. darma

    klo ada yg punya knalpot f1 aku mau bwt ganti knalpot alfaku biar lebih gaya. tlg kabri…suwun

  74. nashun

    mas motorku alfa 96. ko motorku gigi 1 langsung tarik ngleler. . trus. suara seker kemlatak(ga swjarnya 2 tak) sebabe opo yo??,

  75. deris permana

    Bang maaf ini saya punya alfa saya udah robah pengapiannya cdi pake tornado spul pake rx king koil std tapi teteh maju nya kebelakang mulu …pusingggg saya

  76. Rahmat

    Susah cari blok yamaha alfa 2tak,udah mondar mandir tetap aja belum ketemu,kalau ganti blok yamaha FIZR 2tak bisa gak mas.

  77. Anonim

    2 tak emang joss d putaran atas

  78. andre

    Sip maz bro saya jg pengemar motor jadul yg suka dengan modif dan hal2baru

  79. Anonim

    mas emang klo motor alva jago di jalan lurus

  80. JHON

    pengalaman,
    pemalang – batang (bawang) trek naik turun aman, bensin full pulang pergi.. alfa 2R 94,
    masalahnya sekarang karbu bocor,

    #pemalang jateng…

  81. Anonim

    gini bro jika bensin kmu boros bangget ganti karbu fos 1 aja sama beli in manipol nya, di jamin irit bangget sama lari nya tambah kenceng deh, Salam dari aku 2 Tag

  82. ilham

    saya pnya alfa thn 1993 seker rxs ovz 200 porting lubang in out cop kepras 1m karbu pe 28 maniffold buatan sndiri racio ganti racing coil racing bisa tembus 125 keatas tpi keluhan over gigi ke empat kok lgsung gk ada tnaganya,kya gigi 3

Monggo, Silakan tanggapannya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: