Upgrade Pengapian Motor Dengan Busi NGK Platinum G-Power

Komponen yang fungsinya sangat penting pada pengapian motor salah satunya adalah busi. Ya, fungsi busi adalah sebagai alat untuk memercikkan api listrik dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh koil yang tujuannya  untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang dikompres/dipadatkan oleh piston pada ruang pembakaran.🙂

Nah, untuk Sobat Blogger yang ingin menambah performa motor biar lebih sip, pernahkan Anda berniat untuk mengupgrade busi standar dengan mengaplikasikan busi yang lebih bagus? Busi iridium misalnya. Tapi busi jenis iridium harganya bisa mencapai 100 rb bahkan ada yang sampai 200 rb. Hmmm…😦 Bagi Brow sekalian yang mempunyai dana cekak/pas-pas an seperti OSA namun tetep ngotot pengen menambah performa motor kesayangan, bisa kok mencoba mengaplikasikan salah satu busi platinum ini. Ini merupakan busi  merk NGK, lebih lengkapnya NGK Platinum G-Power dengan kode BPR7HGP. Oh iya, busi ini untuk motor bebek 2 Tak yaitu untuk motor lawas kesayangan OSA (Yamaha Alfa II R 1996) cukup dengan merogoh kocek dibawah 50rb aja. OSA dapatkan dari salah satu toko onderdil motor terlengkap, murah dan recommended yang lokasinya di Jl. Yos Sudarso 257, kota Solo *ini bukan iklan lho yaw. Bagi Agan yang mau beli busi platinum jangan lupa disesuaikan dengan motornya apa, dan juga kode tingkat panasnya yang sesuai.

Sebelumnya busi standar yang OSA gunakan untuk Yamaha Alfa II R juga bermerk NGK dengan kode BP7HS seperti gambar di bawah ini. Perbedaan busi standar dengan busi platinum dari gambar di atas dapat kita lihat dari ujung elektroda businya. Busi standar ujung elektrodanya lebih gemuk dan tumpul kalau yang busi platinum lebih kecil  dan cenderung runcing. Menurut sumber Otomotifnet menjelaskan bahwa sifat busi platinum beda dengan busi standar bawaan motor yang berbahan nikel (tembaga). Spek busi platinum itu di atas nikel (tembaga) atau emas tapi, platinum masih di bawah iridium. Elektroda busi platinum lebih runcing dari busi nikel (tembaga), diameternya 0,6–0,8 milimeter.

Hasil: Langsung saja deh, untuk perubahan performa yang OSA rasakan yaitu tarikan motor menjadi terasa ringan dari perpindahan gigi 1 sampai 4. Mungkin ini karena platinum mempunyai kelebihan sebagai pemercik api yang lebih tahan panas, lebih baik dari pada busi standar dan ujung elektroda yang runcing menyebabkan percikan bunga api lebih fokus dan kuat. Untuk tarikan bawah sampai menengah lebih responsif, tapi kalo untuk top speednya bisa OSA katakan tidak terlalu berpengaruh secara signifikan dengan kata lain hampir sama dengan busi standar.😀

Kesimpulan: Jangan terlalu berharap penggantian busi platinum dapat meningkatkan top speed secara signifikan, yang bener adalah untuk meningkatkan tarikan bawah sampai menengah terasa lebih padat dan responsif. Jadi kalau di dunia balap drag untuk mempersingkat waktu tempuh meskipun hanya sepersekian detik, misal jarak 0 – 201 meter menjadi lebih singkat. Kalau tujuannya ingin meningkatkan top speed, menurut sepengetahuan OSA dan pengalaman teman-teman ya paling nggak harus korek mesin dunk seperti porting and polishing (PNP), papas silinder head atau melakukan bore up.😉

Gimana? ada yang pengen nyoba juga atau bahkan sudah menerapkan di motor kesayangan Anda? Busi platinum sebagai alternatif dari busi iridium yang mana harga busi iridium mencapai ratusan ribu, menurut OSA sendiri sudah cukup memuaskan kok untuk performa motor harian. Kecuali Sobat Blogger memang punya duit lebih yaw monggo beli sekalian busi iridium. Dengan harga puluhan ribu saja sudah dapet busi platinum dengan performa yang lumayan lah, bisa digunakan sampai 6000 km pula atau bahkan lebih, tergantung kondisi juga sih. So, untuk beli busi yang lebih bagus demi motor kesayangan jangan pelit-pelit lah Sob, toh jangka waktu pemakaiannya juga lama kan… OKE.

Monggo komentarnya, bagi yang sudah mencoba atau yang mau nambahi dan koreksi…🙂

Categories: Kendaraan Roda 2 | Tags: , , , , , , , , , , | 97 Komentar

Navigasi pos

97 thoughts on “Upgrade Pengapian Motor Dengan Busi NGK Platinum G-Power

  1. wow..mantap…
    ane jga pakai mas bro d motor ane…hihihi

    • Qiqiqi. Lumayan menambah akselerasi kan Brow…😐
      Motor 2 Tak gk berani beli yg iridium, maklumlah pembakarannya campur BBM+Side Oil, lg pula dana nya jg cekak. Jd belum sampe 3000 km aja seringnya busi dah ‘wafat’. Hehehe…😕

  2. kalo buat vixi tipe yg gimn bagusnya bro….

    • Untuk Vixion Ane memakai jg Busi NGK Platinum G-Power kodenya CPR6EAGP-9 (27rb). Nah, pas memakai busi ini ada sedikit masalah kadang2 tarikan agak berat.😦 Setelah mengecek apa penyebabnya, ternyata busi NGK CPR6EAGP-9 ini lebih panjang kira 1,5 mm lbh panjang dr busi standar, jd ujung elektroda busi lbh deket dgn kepala piston menyebabkan pembakaran kurang sempurna.😯 Nah, cara mengatasinya dgn menambahkan 1 ring bawaan busi std dilepas dan dipasangkan ke busi platinum shg panjangnya jika dipasang nanti hampir sama. Dan hasilnya tarikan sudah enteng Brow. Lain kali tak buka lg dan tak buat postingannya deh, maklum baru belajar. Cukup terasa jg kog efeknya, walopun sedikit.🙂

      Oh iya, tingkat panas busi std Vixion kalo untuk busi NGK kan ‘8’, jd Ane sarankan brli busi platinumnya yg CPR8xxxx gt Brow… Yg penting wajib ada R (resistor) nya jg, syarat busi untuk Vixion biar gk mengganggu kinerja digital ECU.

      • itu bisa di pke buat harian ya bro….. Dalam jangka pemakaian lama juga.. Di tunggu ulasan nya bro…🙂

      • Iya, Brow Jeck… Motor Ane semua performa buat harian kog, jd gk upgrade sampe tahap ektrim2.
        Pemakaiannya kalo 4 Tak sih bisa lama bgt tergantung performa busi itu sendiri turun drastis atau gk. Untuk Vixion, udah 6 bulan pemakaian, kilometer 5000an lah. Tp ya itu Ane sarankan yg berkode panas ‘8’.

        Oke. Makasih ‘waiting’nya…😉

      • buat vixion, mestinya pake NGK CR8EGP klo CPR8EAGP-9 itu buat MX dan Byson

      • Anonim

        Saranente pake yang cpr8xxxx
        Tapi yang ente make yang cpr6xxxxxx. Gimana tuh.. ?

  3. wooh.sama bro aku juga pake di cs1 ku.
    lumayan nendang.beda dengan aslinya.

  4. gogo

    emang kerasa bro ditarikannya.. utk keawetan jngk panjang keknya bagusan standart..

  5. Anonim

    Joz tenan……

  6. sayange mahal😀, tetep setia sama copper yang murmerjib:mrgreen:

  7. Anonim

    beda gug tarikannya

  8. Ping-balik: Upgrade Pengapian Motor Dengan Koil 5BP Original Scorpio Z « OkyEsAw's Blog – A Simple Blog To Share Any Information

  9. Aa Ikhwan

    ane lg test pake yg CPR8EAGP-9 buat piksen tapi memang tarikan berat apa yg ini jg mesti ditambah ring ya ? thx

    • Bisa jadi. Menurut pengalaman saia.
      Coba dibandingkan dulu dengan busi STD bawaan Vixion.
      Jarak dilihat/dihitung dr ring sampai ujung tangkai elektroda busi. Kalo lbh panjang, hrs ditambah ring setidaknya agar panjang hampir sama busi STD.🙂
      Lbh baik sedikit lbh jauh dr kepala piston drpd deket2, tp kalo bisa sih usahakan sama dgn busi STD.
      Semoga Membantu.:mrgreen:

  10. ferdy

    Q pakai di Satria Fu, CR8EGP,lmayan ms bro,agak ngirit BBM dn udah hampir 10 rb km,masi ok aj busi n bunga apinya,recommended……..

    • Trimakasih atas faktanya.🙂
      Sebaiknya segera ganti tidak lebih dari 7000km. Untuk menjaga performa biar tetep sip.

  11. speedyholic

    murah neng nggemblekan 23.5rb.

    • Tergantung buat motor apa dulu.

      6 bln kemaren Vixion= 27rb, Alfa= 25rb. Atau kebalik ya, agak lupa sih.:mrgreen:

  12. reza csc

    bro kalau scorpio pakai busi NGK Bisa yah?bagaimana saya tunggu informasix…

    • Maap. Lama balas.
      Untuk Yamaha Scoorpio bisa juga pakai Busi NGK Platinum G-Power. Silakan cari di toko/bengkel onderdil.

      Memang bbrp wilayah agak sulit nyarinya, coba aja.
      Atau gini aja gampangnya.
      Mas.Bro copot busi bawaan scorpio dan tunjukkan ke bengkel apa punya busi kayak gini yg NGK G-Power biar gk keliru ukurannya.🙂

  13. ngk g-power platinum lumayan nendang brow….ane pake di jupie mx….dr gigi 1-2-3 bsa standing brow…..upgrade peformnya lumayan extrem lah bwt harian.lgian upgradenya cuma bwt drag lawan fu kok…hahahah

    • Sip. Berarti benar cukup terasa menambah performa tunggangan kita…:mrgreen:

    • Gentonk

      Untuk motor jup mx thun 2010 kodenya brpa gan, mohon pencerahanya

    • ricky

      bro itu pakai yang seri berapa untuk mx??? kalau yang cpr6eagp-9 bisa ga buat mx???

  14. Muhammad rizki

    Bro untuk Beat model apa…harganya berapa
    Mohon informasinya

    • Wah. Kurang tau… Tipe nya coba tanya lgsg ke bengkel aksesoris.
      Tanyakan Busi NGK G-Power untuk Beat Matic… Atau copotlah busi bawaan dan tunjukkan ke toko/bengkel kalau ragu tipenya… Usahakan “kode panas businya” sama…

  15. klau buat rx king..pake yg tipe apa om…..?

  16. Tin

    Kalo busi untuk matic itu bagusnya yg seperti apa ya? Haruskah busi motor diganti? Trims

  17. jimmy

    assalamualaikum . .
    mazbroo , ane make satria fu ,, kira2 ngk platinum tipe apa yg paling ccok untuk mndpatkan peforma paling yahuud utk mtor ane ??
    trus apa stelan angin d karbu juga harus di naikin gtu ?
    thx mazbroo . . ^_^

    • Wa’alaikumsalam.Wr.Wb.
      Ya coba aja pakai busi NGK G-Power seperti yg saya coba. Mudah2an sedikit terpuaskan dahaganya…🙂
      Setelan angin tdk perlu di ubah karena pemasangan busi ini.
      Jika ragu sudah pas belum… coba cek dr warna busi… Performa terbaik untuk harian/semi korek sekalipun, warnyanya merah bata/coklat bata di keramiknya…

      • obeth

        om klo buat VEGA ZR pke busi kode brp ?
        thx b4

  18. wahjoe_g@yahoo.com

    kalo mio j pake busi platinum atau iridiumnya yg kode brp yaa..

  19. suradi dadi

    mas bro jika mongstor pke cpr 7 pa bisa make CPR 6 ato lebih dingin cpr 8, coz NGK gak bikin CPR7 di platinum? efeknya apa jika lebih panas?
    oh ya beda Gpower ma platinum VX apaan masbro?

  20. answer to wahjoe_g@yahoo.com:
    “Coba yg murah dulu aja pakai G-Power Platinum, untuk kodenya coba copot busi bawaan dan liat berapa kodenya kalo NGK biasanya 7 dan denso 24 untuk harian”

    answer to suradi dadi:
    “Bisa tergantung daerah. 6: untuk daerah dingin/gunung, 7:untuk daerah sedang/desa/kotakecil, 8: untuk daerah panas/kota2. Saya lebih menyarankan ke kode 8 Bro untuk busi NGK. G-Power = Platinum – hanya sebatas cap”

  21. Anonim

    kalo untuk vario techno 125 PGM-FI yang cocok tipe apa ya Gan? mohon petunjuknya

  22. Anonim

    Mas bro kalo buat vario tehno bsa jg pake BGK G Power nya??? type nya yang apa….Thanks be4

  23. ran

    Klo make vega zr,busi ngk platinum standart no.7 bgus g bro..

  24. ipaN ndom3n

    mkasih mz bro atas informasinxa.,

  25. mtor q abs revo 2012,bru aj t gnti busi mrek TDR.ktny klsny sma ky platinum shrg Rp 22rb,LUMAYN BWT TARIKNY.klo DENSO?

  26. numpang masuk yah bos…..
    aku punya kereta supra x…
    tolong dong kasih saran busi yang bagus….
    sekalian bos untuk kereta merk Viar (yang mirip supra x, sayang banget ma kereta neh..)

    thx bos first…!!!

  27. anggit

    kalo pengapian sudah gak setandar gimana bro????

  28. SMS_club

    Mtor ane Mx bore up pkek part TDR smua,,
    Klo part TDR, pd businya kurng oke.. Klo part TDR yg laen (kcualie busi mksdnya) emng udh sy akui…
    Klo pngen mnstab pke ajha DENSO IRIDIUM,, wlopun mhal yg pntieng puas.. Ya g’.?? Heheee..
    Klo pkek busi racing g’ diimbangie CDI yg racing jg prcuma brow..

    • ardy

      Wah, sampe merk rangka ny TDR juga kah??
      Mtor buat harian ato turun sentul kah??
      Mx ane cm upgrade pengapian sma blok aj udah enak buat harian, plgan nambah vm26. Spek sgtu juga masih bisa ngasepin fu sma vixi std😀
      Tapi yaa buat ap kenceng2 dijalan raya, kan yg ptg safety riding
      Bener ga sob?? Hehehe
      Klo mau balapan ada sirkuit biar lbih aman

  29. Anonim

    kalau untuk pulsar 200 bagusnya ngk yg seri brp???

  30. Anonim

    mantap gannn..

  31. deny

    untuk VEGA R kode busi NGK Platinum yang G-POWER apa ya ??

  32. maunanya sob kalau v-ixion pake busi ngk cpr6eagp-9 gmna yah gak yang cpr8eagp-9 gmn tu sob

  33. Anonim

    ..mtor satria fu gue pke ngk G power..ok! mantap geber truzzzz

  34. Ujangdwi

    brow mau nanya ane pke busi NGK platinum C7HVX emang rasanya tenaga enteng tp knapa ya setelah hmpir 3 th elektroda busi habis walau dmkian msh ku bs dipke.

  35. ari

    Saya mempunyai yamaha alfa,, dri sistem pengapian saya sudah ganti racing semua,, dan saya memakai busi TDR 48,1B gmn itu bro ???

  36. andri

    mntap jg pkek busi NGK platinum

  37. Beli G power buat hsx pgm fi helm in bukannya tmbh enak tarikan atasya, malah lemot banget, cepet ngeden, ga kyj busi standard honda

  38. Busi standard honda ane wkt belom di ganti bisa sampe top speed 80 gigi 2 (betot gas)
    Giliran di ganti G-power malah baru 70 gigi 2 udah keras bgt suaranya trus menuju 75 udah limit -_-
    Ane harus pakai apai nih -_-😦
    Motor ane : honda supra x 125 pgm-fi helm in (standard)
    Thanks😀

  39. itu yg make fiksion businya nga cocok th,jelas tarikan jd berat!ingat seharusnya vixion kodr busi nya dpnnya CR kalo CPR itu buat mx

  40. andi

    he bro.,

  41. UNTUK ALFA IIR, TIPENYA YANG APA MASBRO….

  42. busi itu emang ada nya dimana ?
    kalo daerah karawang cikampek ada ga yahh

  43. eko martanto

    saya juga baca itu tadi…. urutan terbaik di perak, tembaga, platinum, iridium ( iridium memiliki tingkat tahanan yang tinggi/konduktor yang jelak… tetapi memiliki tahanan panas yang super) busi iridium cenderung berkode dingin karena cocok untuk pemakaian pada motor kompresi tinggi dan high rpm…. ini sebab busi iridium cepet mati karena buat harian dalam kota lagi. seharusnya jika dipakai dengan benar iridium bisa bertahan sampai 60rb km menurut manual booknya.busi racing paling klop klo di aplikasi dengan koil racing dan groud strap/wire, ato CDI yang bertype high energy. klo CDI racing yang biasa saja kebanyakan cuman memajukan timing pengapian saja….. energi yang dihasilkan gak jauh beda sama CDI standart…. percuma juga beli CDI unlimiter sampai 15rb rpm tetapi tenaga puncaknya cuman di 8000an rpm…..

  44. @

    kalo busi ngk platinum g-power utk vega zr ad ngk ya

  45. nabung2

  46. hangga

    Busi Iridium dan platinum itu ada macam2nya lagi utk masing2 merk mas bro. contohnya busi iridium Denso atau NGK, punya nomor khusus utk busi standar dan racing. jadi jangan kuatir jadi cepet mati. kalo pake busi iridium tipe racing (busi dingin banget) utk dipakai jalan biasa ya emang cepet mati mas bro …. heheheh. Ciri2 busi racing (atau dsb busi dingin), elektrodanya tenggelam mas bro. kalo pengen liat ketik aja mbak google “denso iridium racing” …. keliatan tuh bedanya denso iridium standar dan racing.

    ane sdh pake di mobil utk denso iridium, sdh 4 tahun nih busi nggak pernah ganti krn masih bagus. mobil nih sdh jalan jakarta-surabaya 3x. hehehehe.

    logam iridium tahan panas beberapa kali lipat dari nikel mas bro. Utk motor jg sdh pake busi denso iridium, masih bagus selama make 2 tahun ini. Kenapa ane sebut “nikel” karena busi standar pake copper cuma di dalemnya saja (copper core), luarnya dilapis nikel. Sementara busi iridium dan platinum, sama2 pake core copper di dalamnya. Iridium atau platinum utk lapisan luar yg punya kekuatan rruuuarr biasa….. hehehehe. ada harga ada rupa mas bro🙂

    nih artikel dari Insinyur NGK soal material busi mas bro:
    “Copper spark plugs” is a term mistakenly used for a standard material spark plug. A standard material spark plug traditionally uses a nickel-alloy outer material fused to a copper core. Almost all spark plugs use a copper core center to conduct the electricity, jump the gap, and promote heat dissipation. However, as an outer electrode material, copper would not be a good choice, as it is soft and has a low melting point (resulting in a plug that would last minutes, not miles).

    All NGK spark plugs, including precious metal Iridium and Platinum, have a copper core.

    When one talks in terms of nickel alloys, platinum and iridium, one is referring to its durability,
    or how long a spark plug will last before it needs to be replaced. However, when one talks
    about copper, he or she is referring to its ability to conduct electricity that is needed to fire
    across the gap and ignite the air/fuel mixture.

  47. Eric

    Mas untuk kharisma 125 D cocoknya yang type apa ya mas ?

  48. Ass.wr.wb

    Gan ane punya motor RX KING th.91 nah bagus nya menggunakan busi iridium atau NGK gan ?

    Dan jika menggunakan busi iridium kode nya brp gan ? Dan jika menggunakan busi NGK juga kode nya brp ?

    Mohon di jawab ya gan bagi yg tau .

  49. Anonim

    kalo ujungnya busi pas terlalu jauh ∫∂♍∂ piston kira” tarikan πY̶̲̅ªªα tambah enteng gak gan ?

  50. Anonim

    kalo ujungnya busi pas terlalu jauh ∫∂♍∂ piston kira” tarikan πY̶̲̅ªªα tambah enteng gak gan ? Misalnya Θĭ tambah reng gtu !!!!!

  51. klo bwt supra 100 cc pke businy yg type apa ya?

  52. rangga

    busi yang cocok untuk cb150r apa buat harian dan minum premium..biar enak di jalan.thanks

  53. rangga

    setelah ganti busi apa harus ganti kenalpot freeflow juga??

  54. Anonim

    Bos vega harian saya udh make blue thander , CDi 5ER,mesin baru semi* tapi prbhanyaa cumaa sdkit samaa yg stndar, cumaa mnang nafas doang , kurng apaa bos..

  55. diego

    Kalau buat fu pake busy yg mana yah ? Tolong sarannya

  56. agus

    ane jg pakai ini busi dan d barengi pemakaian koil 5BP plus cdi racing brt untuk motor jupiter mx 2008. memang berasa responsif… untuk topspeed cdi brt dirasa cukup imbang plus pakaian knalpot racing bersilencer panjang.. hehe piss

  57. wahyue

    abis dganti cdi & busi a kok jadi njedot2 tu apa a nya bro..& harus dganti apa a…
    Salam alpha

  58. om kalau New Jupiter MX tahun 2014 cocok apa nggk pakai busi ngk G-Power Code CPR6EAGP-9
    trus udah ganti Noken as,cdi,Carbu ?

    Mohon Bantuannya…

  59. baru ni saya mau beli. buat motor cbr150r.. tapi perbedaan iridium sama platinum apa ya?

  60. nugie

    pengalaman saya di motor stndar sperti supra 125 sih ada efeknya terutama pembakaran lebih efektif ujungnya bensin jadi lebih irit dibanding busi standar apalagi klo pake pertamax jauh lebih kerasa bedanya. performa motor secara umum torsi mesin dan tenaga di putaran bawah jadi lebih baik tp harap dicatat klo top speed tidak banyak berubah tapi pemakaian bahan bakar lebih irit dari standar karena busi seperti membuat pembakaran lebih efektif bukan menaikkan tenaga mesin.

  61. Mas bro.,
    Tolong jelasin
    Kan mtor aku jup mx new.,.kalo pake busi ngk platinum kode cpr6eagp-9 itu lngsung dpsang aj ap harus dtmbah ring pada businya.,
    Mohon pencerahan’a mas
    Mkasih

  62. Anonim

    Kalau buat mio standar pake kode brapa gan busi NGK y

  63. kalo buat mio thn 2008 pakek kode apa ?

  64. Bang tolong dong kasih tips upgrade perfoma alfa saya

  65. Anonim

    ..harga busi NGK G-power berapa mas

  66. Anonim

    Gan saya punya mtor cb 150r, ,mau pasng cdi brt punya,an mx. .kira2 bisa apa egak?
    Mohon bantuan,nya

  67. Anonim

    kang , saya punya vixion lightning .. busi NGK mana yg bagus ? G Power atau R Power ?

  68. Anonim

    broo buat motor Thander ada kg busi platinium

  69. asryandy

    Sesudah gnti busi pki ngk power ko malah tarikanxa kosong… sprti kya ga mau ambil gas… cra stelxa kya pa
    Mhon bantuanxa

  70. Anonim

    Bro untuk busi scorpio ulirnya pendek apa panjang,mhn infonya mkasiih

  71. joan

    klo buat rx king bagus nya pakek busi apa gan? tlng info nya.. makasih gan

  72. Ane pake NGK G-Power Platinum juga gan,,, NGK CPR6AGP-9 di Vario 125

    ane Heat Range itu soalnya cepet mencapai suhu ideal mesin,,, kalo NGK CP9EAGP-9 lama manasin mesin nya baru tarikan oke

    Busi ini + Coil Ultraspeed = Ganas !

    Kekuatan Coil Ultraspeed bener-bener keluar ketika menggunakan Busi dengan Diameter Center Electrode yang kecil mau itu Platinum atau Iridium

    BTW, ada satu kelebihan Iridium yg gk bisa didapatkan di Platinum, yakni Low Electrica Resistance, kalo High Melting Point ane rasa Platinum udah cukup oke mengingat Coil Ultraspeed udah Powerful.

Monggo, Silakan tanggapannya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: