Daftar Motor Yang Dulunya BOROS, Sekarang Jadi Lebih IRIT

Hello Brada Blogger… Yang suka sepeda motor langsung saja masuk sini…
Yap, OSA akan berbagi pengetahuan tentang daftar motor apa saja yang dulunya BOROS tapi sekarang jadi lebih IRIT, yang OSA ketahui. Silakan disimak di bawah ini:

  1. Yamaha Mio 115
    Siapa yang tidak kenal dengan borosnya motor matic apalagi saat awal kemunculannya. Terutama Mio, yang sangat kontroversial dengan konsumsi BBM-nya yang terbilang boros. Eits, tapi ini Mio keluaran pertama, yang masih satu warna bodynya striping kira-kira tahun 2005/2006-an lah. Tapi sekarang yang sudah dua warna body striping sudah lebih irit loh, para penggunapun dah gak koar-koar lagi ngerasa boros banget. Nah, ini karena ada perbedaan spesifikasi dari pabrik, yaitu pengapian CDI dan ukuran spuyer. Namun jujur aja yang keluaran pertama larinya lebih ngacir, yang ada suara kipas yang bunyinya ‘ngiiiiiiiing’. Tau kan?:-D
  2. Yamaha Jupiter MX 135
    Lagi-lagi ini yang keluaran pertama juga, Jupiter MX awal sangat terkenal dengan borosnya, selain boros juga ada suara seperti glok, glok, glok kalo diplintir gas secara mendadak atau suara klitik-klitik. Maklum lah bebek berkompresi tinggi (10,9) Ndez…:-o Lebih tinggi dari Vixion (10,4). Makanya untuk motor yang berkompresi tinggi seperti Jupiter MX ini sangat disarankan mengkonsumsi jenis BBM  minimal pertamax, walaupun bisa maksa pake premium. Dengan mengkonsumsi jenis BBM yang sesuai, maka performa dapat maksimal dan lebih irit bahan bakar, malah suara-suara yang aneh seperti itu bisa hilang atau setidaknya dapat diminimalisir. Jupiter MX yang sekarang sudah lebih irit, yang OSA tau sih ada perubahan spek di ukuran spuyer karburasi terutama mainjetnya.;-)
  3. Yamaha RX-King 135
    Oke… Siapa yang gak kenal Sang Legenda 2 Tak ini? Yap, Sang Raja dari Yamaha ini menjadi favorit para pecinta kecepatan tinggi serta pemuja kegarangannya. Nah RX-King ini dari awal kencunculannya (mungkin sebelum tahun 90-an sudah diproduksi) emang sudah buooorroooossss buangetz…X-( Tapi karena dulunya harga BBM masih terjangkau dan belum marak motor 4 Tak seperti sekarang jadi ya wajar-wajar ajalah, tapi kalo sampai sekarang masih ada yang punya motor ini ya emang orang tersebut ‘The Kingers Sejati’, karena kalau orang umum/biasa dijamin bakal keok-keok ngerogoh kocek dalem-dalem demi tunggangan yang satu ini untuk beli BBM dan Oli  samping pastinya. Zkzkzkkz…:-P Sesuai perkembangan jaman yang menuntut lebih efisien dan ramah lingkungan, RX-King ini telah diriset sehingga mampu ke tahap emisi standart EURO 2. Jadi keluaran yang terakhir atau  beberapa tahun sebelumnya sudah lebih irit walaupun sebagian orang yang tidak pernah memiliki motor ini bakal bilang tetep aja boros. Dengan diterapkannya standart EURO 2 ini juga berimbas ke performanya yang tak segarang tenaga yang dulu.
  4. Kawasaki Ninja 150 R
    Treeeeeeeeeeeeeeeth…!!! Begitulah desahan knalpot khas motor 2 Tak yang dibetot di RPM tinggi. Nah, salah satu legenda 2 Tak yang masih diproduksi sampai saat ini, yang mana merupakan salah satu saingannya RX-King walaupun beda cc nya sih. Ninja R 150 dulunya memang terkenal boros juga, ini yang keluaran mmmm… pertama sampai ke beberapa turunan beikutnya, pokoknya yang suara knalpotnya kayak ‘halilintar’ lah, yang bikin mayat-mayat dikuburan pada bangun. Wkwkwkkw…(LOL) Nah untuk yang keluaran baru, sama seperti RX-King yang sudah mampu mengimplementasikan emisi standart EURO 2 jadi otomatis lebih irit deh. Suara knalpotnya termasuk adem ayem, coba cek saja yang batok versi lampu depannya sudah gak bulet lagi, yang ada kayak insangnya itu. Pasti knalpotnya gak berisik lagi kan? Tapi ini juga perlu diakui, tarikan dan tenaga Kawasaki Ninja R lawas lebih nyundul-nyundul dan powerfull. Yah, semua sudah ada plus-minusnya.
  5. Suzuki Satria FU 150
    Yang ngerasa masih muda pasti tak asing lagi deh dengan motor ayago (ayam jago) yang satu ini. Ya iya lah inikan motor favorit kaum muda terutama speedfreaker ataupun sebatas pengen gaya. Tapi tahukah Anda kalau Satria FU memang dulunya ada versi build up Thailand alias dateng utuh langsung dari negeri seberang, bukan kayak sekarng yang rakitan di Indo sini. Nah yg build up Thailand ini yang larinya kencuuueeeeeng sak jozz.e…(woot) Konon standart aja mudah dapet 140 kmh ataupun 145 kmh. Wow…(panic) Dulu sih sering denger kalau motor ini termasuk boros BBM, Tapi sekarang sudah lebih irit (yang rakitan Indo) dan sayangnya larinya gak se.ektrim versi build up-nya.
    Nah lima motor itulah yang OSA ketahui sebagai daftar motor yang dulunya boros, sekarang jadi lebih irit versi OSA. Bagi yang punya motor tersebut atau punya pengalaman yang mau memberikan koreksi atau tambahan, Monggow…
    CMIIW. :-D

About these ads
Categories: Kendaraan Roda 2 | Tags: , , , , , , , , , , , , , | 37 Komentar

Post navigation

37 thoughts on “Daftar Motor Yang Dulunya BOROS, Sekarang Jadi Lebih IRIT

  1. memang harus irit supaya irit BBM sekaligus ikut hemat energi ya sob heheheheheehhe………..

    • Iyaw Brow… Sekarang sudah jamannya yang irit-irit dengan tujuan agar lebih hemat dan untuk menekan pengeluaran yang terlalu berlebihan… ;-)

    • Anonymous

      iya bner maz bro.,
      maap maz skalian maw nanya, kalau yamaha rx king sama kawasaki ninja 150 r kompresi BBM y borosan mana maz bro…
      makasih

      • boros ninja mas bro, sama2 standar king 1ltr bsa 35km, ninja 25km

  2. zaidanFarros

    Ane pke ninja L 24km/1L knalpot racing boros ga tuh?

    • Itu Ninja L yang suara knalpotnya sudah adem ayem itukan?
      Nah, seharusnya itu sudah lebih irit dari pendahulunya yg lampunya bulet.
      Oh iya, dulu sekitar tahun 2003-an. Menurut pengalaman teman Ane sih 5000,- bisa buat 28-30 km. Kalo knalpot udah ganti racing kyk gt, otomatis setingan karburasi dibuat relatif lbh boros guna memaksimalkan performanya. Masih wajarlah, dgn catatan ridingnya agak narik2… :mrgreen:

  3. 5800

    Irit itu juga alesan ane beli JangNara aka pikson merah maroon bro.
    Rencana sih dulu kalo gak Fu 150 & ninja L. Tapi tak pikir2 lagi mending injeksi waelah itung2 kesemsem ama Deltaboxnya JangNara yg kayak punyanya Tzm 150.
    Hehehee…
    Setelah dipake ngetop speed jam 03.00 pagi dipantura ternyata emang joozz handlingnya muantappp..
    xixixixiiii….
    @zaidan
    Coba tanyakan Om Horek aka pak mul
    di blognya bro. Beliau juga rider ninja L.

    • Kalo Ane sih alasan beli Vixion karena menurut Ane motor terbaik yg bs Ane modif sesuai keinginan ya cm itu. :-)
      Pdhl gk kepikiran beli motor batangan. Mau nya sih F1ZR (Ane penggila 2 Tak) tp belum nemu yg mulus. :-(
      Skrg malah ada bebek sempurna (mnrt Ane pribadi) yaitu New jupiter MX, ya sudah, dah terlanjur… Qiqiqi. :mrgreen:
      Oh iya pengalaman nge-top speed pake Vixion cenderung stabil bahkan sampe 140 kmh. 8-)
      Betul, ada pakarnya Om Hourex ada di sini, silakan berkunjung:
      http://hourex150l.wordpress.com/ ;-)

  4. emmmm boros gak juga,gw punya 2 motor 2 tak ninja 150M 2007 ama rx king 2005 sama aj ama mio TH 2010 atau FU yg TH 2005,knalpot dah aftermarket 22nya tp utk test riding mio n fu msh sutandarttt hasilnya gak jauh beda klo gw pikir sih tergantung cara main gasnya..
    nitip lapak nih buat yg hoby download ap aj ada di mari
    http://uangDownload.com/39637

    • Oke. Makasih tambahannya. Mgkn jg karena sudah motor keluaran th 2005an keatas ya, yg 2 tak itu. Memang cara berkendara sangat berpengaruh pada konsumsi BBM. Cuma saya menekankan pd aspek ‘lebih irit’ dibanding yg awal2. :-)

      Silakan Monggo, Download… :mrgreen:

  5. Anonymous

    kalo new jupiter mx buat sehari-hari kira2 boros ga ya?

  6. Anonymous

    Nah law mio yang 2005 1L bisa brapa tuh?

    • agung

      1 liter itu bisa 1000 mililiter gan…
      CMIIW
      hahaha

  7. Nah law mio yang 2005 1L bisa brapa tuh?

  8. aurel

    mio boros

  9. aku pakai motor warisan om, yg rx king tuh dah taun tua, weleh weleh udah operses 100, dipake buat sekolah rumah di sumedang sekolah di bandung sebelum cicaadas, bensin cuma makan 10rb sehari, boros gak tuh ?

  10. temen2 pemakai mtr2 tsb, masih ngeluh boros masbro….,
    Lucu memang tapi itulah kenyataannya….

  11. Anonymous

    lah motor f1zr nya mna bos

  12. menuru gw soal boros irit nya mtr trgantung cara pemakain ja om brow. .
    Klo mtr 2 tak d.pake betot2an ya pasti boros.
    Sekedar bgi info ja ni, gw juga make rx king smpk skrng,jarum skep karbu nya gw gnti pke jarum skep nya GL PRO, alhasil yg lumayan irit. .

  13. Anonymous

    gw milih motor bebek ajalah.iriiiiit,,
    ngapain motor ninja ,emank mau balapan,,
    jakarta maceett

  14. berapa harga ninja nya mas?

  15. salmon

    ninja 250 lawas(versi karbu) juga amit amit borosnya gan

  16. yayuk

    klo fiz keluaran 96 d bnding mio boroz mna brow????

  17. Anonymous

    ya wajar boros wong Ninja 150 r dari kelas di atas tdk ada yg ngalahin..apalagi vixion enek klo liat modelnya sumpah klo di kasih pun sy tetap milih ninja R yg elegan…salam

  18. Anonymous

    anonymous..sape yg mao ngsh vixion sm lo..ih amit2 jgn muna lo pke blagu lg

  19. boros namun memuaskan,kalo irit2 tanda.y pelit wkwkwk..

  20. ivan

    Gw punya mtor Mio thun 2006, konsumsinya 1 ltr cma 18 km, tpi larinya bsa ngalahin vixion

  21. Anonymous

    Ninja q sm ajj tetap boros yg nama x ninja gx ad yg irit brayy

  22. Anonymous

    trus gan, bgaimna cara merubh motor MX diatas menjadi irit, apnya yg di prbaiki gan, mohon di balas, trikasi

  23. dikasih penghemat bbm aj brow,,,!!

    google|motor yg dlu boros jd lebih irit

  24. ninja

    saran ane yg mw irit itu honda supra,, klau mtr kencang keren ya pasti boros

  25. tai vixion bisa tembus 140..
    wong 120 ajah udah ogah ogahan tuh motor…

    • 150 SS

      Mngkin treknya turunan Gan bawa pikson nya, makanya bisa 140. hehe.
      O y, Ninja yg lampu bulat juga uda ada yg SuperKIPS, yg teknologi lulus euro2 (Ninja SS). Klo yg lampunya g bulet, ada batoknya itu Ninja R. Jadi patokan nya bukan dari Lampu nya y. *koreksi dikit*

  26. saya punya satria tapi boross banget

  27. Anonymous

    kata siapa vixion gg bisa nyampe 140
    motor gue keluaran pertama nyampe
    tergantung yang makek
    yang make goblok ya gg bsa
    mungkin yg make sampe 120 bocah mungkin
    kwkwkwkwkkwkw :D

Monggo, Silakan tanggapannya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: